Bengkulu (Antara) - PT Pertamina Provinsi Bengkulu menjamin ketersediaan bahan bakar minyak pada Kuartal IV tahun 2014 untuk daerah itu.

"Sudah banyak yang memberitakan ada rencana kenaikan harga BBM, namun masyarakat jangan panik stok habis, kami tetap akan menyalurkan premium dan solar sesuai kebutuhan," kata Manajer Pemasaran PT Pertamina Provinsi Bengkulu Sigit Wicaksono di Bengkulu, Jumat.

Sigit mengungkapkan Pertamina Bengkulu masih memiliki stok BBM sebanyak 62.480 kiloliter, yang terdiri dari 43.994 Kl premium dan 18.486 Kl solar.

"Kami akan salurkan, SPBU yang kosong akan kami kirim BBM, kami tidak membiarkan kekosongan terjadi," kata dia.

Jika dilihat secara umum, dia mengungkapkan, Provinsi Bengkulu memang mengalami defisit kuota bahan bakar minyak untuk Kuartal IV tahun 2014 sebanyak 7.667 kiloliter.

"Untuk ketersediaan kuota sampai akhir 2014, BBM jenis premium kami kekurangan sebanyak 5.748 kiloliter dan kuota solar sebesar 1.919 kiloliter. Namun masyarakat tidak perlu cemas, karena akan ada instruksi pengendalian BBM untuk mengatasi kejadian ini," katanya.

Sigit mengatakan adapun kuota normal setiap harinya untuk seluruh Provinsi Bengkulu, menurut Sigit, yakni, BBM jenis premium berjumlah 630 kiloliter per hari, sementara jenis solar 256 kiloliter per hari.

"Sampai 15 Oktober, premium yang kami distribusikan lebih besar dari kuota rata-rata, begitu juga solar, yakni 646 Kl per hari, dan solar 265 Kl per hari," kata dia.

Jadi, kata dia, jumlah premium yang disalurkan melebihi kuota yakni sebesar 2,5 persen, sementara solar over kuota sebesar dua persen.

"Dari 15 Oktober hingga 31 Desember, masih sisa 77 hari lagi. Dengan sisa kuota premium yang ada, yakni 43.994 Kl dan solar 18.486 Kl, kalau masih menyalurkan BBM sesuai hari normal, niscaya tidak akan mencukupi hingga akhir 2014," katanya.

Sigit mengungkapkan pihaknya memprediksi kuota premium hanya sanggup memberikan suplai ke seluruh SPBU di Bengkulu hingga 22 Desember, berikutnya solar habis pada 24 Desember.

"Ini hanya kalkulasi kuota BBM yang ada di Bengkulu saat ini,  ini tidak berarti akan terjadi kekosongan BBM sampai akhir Desember, BBM tetap tersedia, jadi masyarakat tidak perlu cemas," ujarnya. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014