Mukomuko (Antara) - Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengusulkan pembangunan "rest area" atau tempat peristirahatan sementara untuk pengunjung objek wisata Danau Nibung.

"Pembangunan 'rest area' di Danau Nibung diusulkan tahun 2015," kata Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Sapuan di Mukomuko, Sabtu.

Ia menyebut sekitar Rp200 juta anggaran untuk bidang pariwisata setiap tahun. Anggaran itu, lebih banyak digunakan untuk promosi pariwisata di daerah itu sekitar Rp100 juta.

Ia mengatakan sebagian dari dana itu akan dipergunakan oleh bidang tersebut untuk kegiatan fisik pembangunan "rest area" di Danau Nibung.

Namun, katanya, jumlah dana tidak banyak, kecuali ada penambahan alokasi dalam APBD, khusus untuk bidang pariwisata di instansi itu.

Ia menerangkan di Danau Nibung sekarang ini telah dibangun berbagai sarana dan prasarana seperti siring dan pengaman danau oleh Balai Wilayah Sumatera VII.  

Menurut dia, pembangunan sarana dan prasarana di objek wisata itu membantu bidang pariwisata setempat dalam mengembangkan Danau Nibung.

Ia mengatakan di objek wisata itu sudah ada jalan dan tempat duduk yang dibangun pihak ketiga bersama dengan pembangunan siring dan pengaman danau.

Selanjutnya, katanya, tugas dari pemerintah setempat meningkatkan dan menambah lebih banyak fasilitas umum bagi pengunjung Danau Nibung, seperti mushala dan toilet.

Danau Nibung, katanya, merupakan objek wisata andalan di daerah itu. Danau itu memiliki keunikan yang tidak ada di danau pada umumnya, antara lain adanya pasang naik dan pasang surut, padahal jarak danau cukup jauh dari laut.

Selain itu, katanya, meskipun di pinggir danau tersebut rindang oleh berbagai jenis pohon, sampai sekarang tidak ditemui satu lembar daun pun yang jatuh dan mengotori danau tersebut. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014