Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bentiring Bengkulu membatasi jam kunjungan untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) selama Ramadhan 1444 Hijriah.
 
Untuk keluarga yang ingin berkunjung ke WBP pada Ramadhan dibatasi hingga pukul 13.00 WIB yang pada hari biasa hingga pukul 15.00 WIB.

"Jam besuk untuk warga binaan menyesuaikan dengan jam Ramadhan yang biasanya berkurang dan lebih cepat," kata Kepala Lapas Kelas II A Bentiring Kota Bengkulu Ade Kusmanto di Kota Bengkulu, Kamis.

Baca juga: Bengkulu usulkan penambahan dua bangunan Lapas di dua wilayah
 
Untuk kunjungan selama Ramadhan sama dengan sebelumnya yaitu pada Senin hingga Sabtu dan untuk jam titipan makanan tetap dibuka selama pukul 15:00 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa.
 
Selain itu, Lapas Bengkulu juga akan melaksanakan kegiatan keagamaan pada malam hari akan ditingkatkan dari hari-hari biasanya serta melakukan pengetatan penjagaan lapas pada Ramadhan mendatang.
 
"Pengamanan pada bulan Ramadhan kita tingkatkan pengawasan keamanannya, karena mengeluarkan warga binaan dalam kamarnya pada malam hari untuk melaksanakan sholat tarawih dan tadarusan," ujarnya.

Baca juga: Wamenkumham: Kondisi UPT pemasyarakatan di Bengkulu bersih dan baik
 
Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Bengkulu Yan Rusmanto bahwa berkaitan dengan pelaksanaan bulan Ramadhan telah melakukan persiapan dalam mencegah dan mengatur potensi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lapas dan rutan di wilayah Bengkulu.
 
Meskipun, petugas di lapas ataupun rutan tidak sebanyak warga binaan, namun untuk menjaga keamanan dan keterbukaan khususnya pada Ramadhan perlu adanya pengelolaan dan manajemen yang baik terkait penyediaan tenaga keamanan yang ada.
 
"Operasi keamanan tetap akan kita lakukan secara rutin pada bulan Ramadhan nantinya, terlebih menjelang bulan Ramadhan ini tetap kita laksanakan untuk mencegah potensi gangguan keamanan," sebut Yan.
 
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023