Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengajak Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu untuk memacu kinerja pemerintahan dalam melayani masyarakat.
 
"Selamat Hari Jadi Ke-304 untuk Kota Bengkulu. Momentum yang baik ini juga menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam pelaksanaan program dan upaya dalam memajukan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Menteri Anas di Kota Bengkulu, Kamis.

Baca juga: Menpan RB: Ingatkan MPP Bengkulu harus beri dampak layanan makin mudah
 
Menteri Anas juga menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo terkait reformasi birokrasi. Pertama, kata dia birokrasi harus berdampak.
 
Kemudian, lanjut dia birokrasi bukanlah tumpukan kertas, dan ketiga, birokrasi harus bergerak lincah dan cepat.
 
Saat ini, kata dia pemerintah masih seringkali dihadapkan dengan permasalahan internal birokrasi atau masalah di hulu, daripada menyasar langsung permasalahan pembangunan di hilir.
 
Oleh karenanya, saat ini lanjut Menpan RB sedang dilakukan percepatan reformasi birokrasi (RB) melalui reformasi birokrasi tematik.
 
"RB tematik ini adalah kerangka kerja untuk mengurai dan menyelesaikan masalah tata kelola terkait program prioritas Presiden agar dampaknya dapat segera dirasakan langsung oleh masyarakat," kata Menteri Anas.

Baca juga: Menpan RB imbau ASN untuk hidup sederhana dan tidak pamer kemewahan
 
Dia mengatakan terdapat empat fokus dari RB Tematik, yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, serta akselerasi digitalisasi administrasi pemerintahan.
 
Kemudian, fokus lainnya lanjut Anas program prioritas presiden untuk merespons dan mengawal isu mendesak untuk meminimalisasi risiko dampak pada masyarakat.
 
"Untuk itu, kami juga 'tagline' agar kerja pemerintah dapat dengan cepat memberikan dampak positif bagi pembangunan masyarakat, yakni bergerak untuk reformasi birokrasi berdampak," ucapnya.
 
Menpan RB mendorong segenap jajaran Pemerintah Kota Bengkulu untuk dapat menerapkan RB Tematik. Agar Pemkot Bengkulu dapat bekerja "beyond the pattern", agar ada nilai tambah yang melampaui pola, tradisi, dan kebiasaan untuk senantiasa berubah dengan berorientasi kemajuan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menpan RB ajak Kota Bengkulu pacu kinerja pemerintah layani masyarakat

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023