Mukomuko (Antara) - Mayoritas lampu penerangan jalan yang berjumlah sebanyak 100 unit di Pusat Kota Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, padam pada malam hari.

Dari pantauan di Mukomuko, Sabtu, sebanyak 100 unit lampu penerangan jalan itu tersebar mulai dari Kelurahan Bandar Ratu hingga Kelurahan Koto Jaya.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Kota Mukomuko Junaidi mengatakan lampu jalan itu menyala pada siang hari. Tetapi pada malam hari mayoritas padam.

Sebagai warga di daerah itu, katanya, wajar dirinya mempertanyakan mengenai lampu jalan yang padam itu karena warga selain membayar rekening listrik rumah termasuk di dalamnya lampu jalan.

Ia minta, pemerintah setempat melalui instansi terkait menyalakan lampu jalan yang padam malam hari itu. Kalau lampu jalan itu rusak segera diperbaiki.

Karena, menurut dia, keberadaan lampu jalan itu sangat dibutuhkan oleh warga sebagai penerangan pada malam hari dan mengantisipasi tindakan kejahatan. Termasuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko Apriansyah, melalui Kabid Energi dan Sumber Daya Mineral 
Bachtiar Syofian mengatakan lampu penerangan jalan itu rusak dan sekarang masih dalam tahap perbaikan.

"Kami akan mengganti bola lampu dan kabel-kabelnya yang putus agar lampu itu dapat menyala lagi," ujarnya.

Dikatakannya, hampir seminggu oini petugas instansi itu memperbaiki kerusakan lampu jalan dan itu akan terus berlanjut sampai semua lampu jalan menyala.

Guna menghemat energi, katanya, pihaknya akan mengatur jadwal lampu jalan itu mulai menyala pada malam hari dan dipadamkan pada siang harinya.

"Mulai pukul 18.00 WIB lampu jalan itu menyala dan dipadamkan pada pukul 06.00 WIB," ujarnya lagi.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014