Jakarta (Antara) - Tim Nasional Senior Indonesia berhasil menundukkan Timor Leste dengan skor telak 4-0 dalam laga persahabatan yang dilakukan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa malam.

Dari pantuan Antara, pada menit-menit awal pertandingan, Indonesia terlihat mendapat tekanan dari timnas Timor Leste. Umpan-umpan yang diperagakan oleh anak asuh Alfred Riedl terlihat tidak terarah.

Namun memasuki menit ke-6 serangan Indonesia mulai terarah. Evan Dimas yang menjadi jenderal lapangan tengah mulai bisa mengontrol bola dan memberikan umpan-umpan matang baik ke sisi kanan dan kiri sayap Indonesia.

Hal tersebut terbukti setelah pada menit ke-10 umpan lambung dari Zulham Zamrun berhasil dimanfaatkan oleh pemain naturalisasi Indonesia, Sergio Van Dijk berhasil memecah kebuntuan lini depan Indonesia dengan menjebol gawang Timor Leste yang dijaga oleh Ramos S. Ribeiro.

Berawal dari gol Sergio Timnas Indonesia terus melakukan serangan. Kesempatan emas datang dari Evan Dimas di menit ke 35 saat ia sendiri berhadapan dengan penjaga gawang Ramos, namun tendangan keras Evan berhasil dimentahkan oleh Ramos.

Sesekali terlihat Timor Leste melakukan penyerangan balik, namun tertahan di kaki Fachruddin yang menjadi penjaga pertahanan tim Garuda Indonesia.

Memasuki menit ke 40, lagi-lagi umpan matang Zulkifli berhasil ditanduk oleh Zulham sehingga mengumbah kedudukan menjadi 2-0.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama, lagi-lagi umpan manis Zulkifli ke kaki Evan Dimas, berhasil dimanfaatkan. Tendangan Evan, tepat berada di pojok kanan gawang. Untuk ketiga kalinya ramos harus memunggut bola dari gawangnya, dan Skor bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Riedl mengantikan dua pemain sekaligus dengan menarik keluar manahati Lestusen dan Rizki Ramdhani, kemudian memasukan Ahmad Bustomi dan Bayu Gatra.

Dengan dimasukkan dua permain tersebut, ternyata tidak menambah daya dobrak timnas Indonesia, justru sebaliknya pada menit ke 48 Fachruddin terpaksa menjatuhkan kapten timnas Patrick Fabiano di luar kotak 16, dan sayangnya tendangan bebas yang diambil oleh Patrick sendiri tidak menghasilkan gol.

Memasuki menit ke 64 Riedl kembali menarik keluar Evan Dimas dan Sergio serta memasukan Christian Gonzales dan Samsul Arif untuk menambah daya dobrak.

Hal tersebut membuahkan hasil pada menit ke 66 kerja sama apik antara Bayu Gatra dengan Samsul berhasil membuat samsul mencatatkan namanya di papan skor. Indonesia unggul 4-0.

Pelatih Timor Leste Antonio Carlos Viera berusaha menganti beberapa pemainnya namun sampai peluit babak kedua dibunyikan skor masih tetap sama 4-0. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014