Bengkulu,  (Antara) - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengungkapkan, hari ulang tahun provinsi itu yang jatuh pada 18/11 hendaknya menjadi momen evaluasi bagi semua pihak.

"Mari kita mengevaluasi diri demi Bengkulu menjadi yang terbaik, menuju masyarakat yang maju dan sejahtera," kata dia di Bengkulu, Selasa.

Hal itu diungkapkan gubernur saat menjadi inspektur upacara peringatan hari ulang tahun yang ke-46 provinsi tersebut yang diselenggarakan di halaman Kantor Gubernur Bengkulu.

Menurut dia masih banyak pekerjaan rumah provinsi itu untuk menjadi daerah yang memiliki daya saing di kancah nasional maupun internasional.

"Oleh sebab itu kita berupaya berbenah diri, mengejar ketertinggalan sehingga bisa sejajar dengan provinsi lain, sesuai yang terangkum dalam rencana pembangunan daerah," kata dia.

Gubernur mengatakan, pembangunan Provinsi Bengkulu masih harus digalakkan pada seluruh lini, dan harus menjadi skala prioritas.

"Saat ini kita sedang dan terus berupaya secara konsisten membangun Bengkulu, baik sisi kesehatan, pendidikan, perekonomian, serta birokrasi," katanya.

Untuk sektor perekonomian, kata dia, provinsi itu berkembang cukup baik dengan pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

Begitu juga tingkat kesehatan warga, hal itu terlihat dari rata-rata umur hidup masyarakat Bengkulu yang naik dari 70,39 tahun menjadi 70,44 tahun.

Angka pengangguran juga dapat ditekan, yang semula di atas empat persen, saat ini, dirinya menyatakan pengangguran hanya berada pada angka satu persen.

"Begitu juga APBD, yang semula Rp1,922 triliun pada 2013, saat ini meningkat menjadi Rp2,08 triliun," ucapnya.

Sejumlah keberhasilan Pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut diuraikan dirinya sebagai informasi dan bahan kajian bagi berbagai pihak, sehingga pada tahun berikutnya daerah itu menjadi lebih baik dengan adanya masukan-masukan yang membangun.

"Kami tidak dapat bekerja sendiri, kita harus bersama-sama, dukungan semua pihak yang akan memajukan provinsi ini," ujarnya.

***1***

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014