Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu akan digelar serentak pada Agustus 2023 di mana saat ini memasuki tahap persiapan pembentukan panitia Pilkades tingkat kabupaten dan kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Seluma, Nopetri Elmanto mengatakan, Surat Keputusan (SK) Bupati Seluma mengenai panitia pemilihan kepala desa tingkat kebupaten dan kecamatan masih dalam proses persetujuan bupati.

"Dalam beberapa hari ini SK akan keluar," kata Elmanto, Rabu.

Ia menambahkan, sesuai dengan hasil rapat teknis di dinas PMD dan draf yang disampaikan bahwa, pelaksanaan pemilihan kades akan digelar pada Agustus 2023 karena saat ini tahapan baru akan dimulai serta akan ada tahapan sosialisasi terlebih dahulu.

"Keputusan terakhir nanti kita serahkan pada panitia yang telah ditetapkan. Namun sesuai draf yang kita ajukan, pelaksanaannya digelar Agustus setelah peringatan kemerdekaan," katanya.

Elmanto menyatakan, pelaksanaan Pilkades pada2023 akan diikuti sebanyak 60 desa di 14 kecamatan di wilayah Kabupaten Seluma. Jumlah desa terbanyak yang menggelar pemilihan kades adalah Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) dengan sembilan desa. Untuk anggaran pelaksaan Pilkades ini telah tersedia di APBD Seluma sebesar Rp1 miliar.

Pewarta: Sepriandi

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023