Pelaksana tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bengkulu meresmikan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bina Arma Mandiri di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara.

LPK tersebut diberi nama Bina Arma Mandiri yang dibentuk pada 13 Februari 2023 berdasarkan SK Kalapas Nomor W.8.PAS.PAS3-119.PK.05.03 TAHUN 2023.

"Bengkel Kerja Lapas Arga Makmur telah berubah dan meningkat statusnya menjadi lembaga pelatihan kerja," kata Plt Kanwil Kemenkumham Bengkulu Hermansyah Siregar di Kota Bengkulu.

Ia menyebutkan, dengan berdirinya LPK tersebut dapat menciptakan tenaga kerja yang terampil, inovatif dan produktif bagi masyarakat secara umum, khususnya kepada warga binaan sehingga dapat dijadikan sebagai bekal kemudian hari setelah bebas.
 
Plt Kanwil Kemenkumham Bengkulu resmikan LPK lapas Arga Makmur. (Foto Antara Bengkulu/HO)


Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Lapas Arga Makmur  Luhur Pambudi bahwa untuk meningkatkan kualitas pembinaan warga binaan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bengkulu Utara untuk membangun LPK yang bersertifikat.

"Yang mana sebelumnya Lapas Argamakmur memiliki nengkel kerja lapas, yang tepat pada hari berubah menjadi lembaga pelatihan kerja yang kita namai LPK Bina Arma Mandiri," terangnya.

Lanjut dia, terbentuknya LPK Bina Arma Mandifi tersebut setelah menempuh beberapa proses tahapan seperti pemenuhan syarat adminsitrasi dokumen, kelayakan sarana dan prasarana latihan kerja di Lapas yang telah disurvei langsung oleh Disnaker dan memenuhi standar kriteria pembentukan LPK. 

Dengan adanya zinergitas antar instansi menjadi kunci penting dalam keberhasilan meraih hasil kinerja yang optimal, sebab Kementerian yang dipimpin oleh Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly tersebut berkomitmen untuk memberikan pembinaan terbaik kepada warga binaan pemasyarakatan.

Diketahui, peresmian LPK tersebut juga dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Yan Rusmanto, Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan Pemasyarakatan, Pengentasan Anak, Informasi dan Komunikasi yaitu Andi Mulyadi.

Kemudian Karupbasan Arga Makmur Abu Hasan Azhari bersama jajaran Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bengkulu dan Lapas Arga Makmur.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023