Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mengajukan penambahan vaksin COVID-19 ke pemerintah pusat sebanyak dua ribu dosis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi.

"Kami mengajukan penambahan vaksin COVID-19 untuk kebutuhan vaksinasi masyarakat, terutama peningkatan mobilitas selama libur lebaran," kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Eplen Yunidarmi di Kota Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan bahwa saat ini kesediaan vaksin COVID-19 di gudang farmasi Provinsi Bengkulu tersedia jenis zivivac sebanyak 64 dosis.

Pengajuan vaksin tersebut dilakukan karena peruntukan vaksin zivivac hanya untuk pelaksanaan vaksinasi sebelumnya yang menggunakan vaksin jenis sinovac atau sinofarm.

"Meskipun saat ini ketersediaan vaksin di pusat juga kosong, namun kami berharap ada penambahan agar pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terus berjalan," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Bengkulu Meli Puspasari menyebutkan bahwa saat ini pihaknya terus menyediakan fasilitator di setiap fasilitas kesehatan untuk masyarakat yang ingin melaksanakan vaksinasi.

"Kami terus gencar melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat di seluruh Provinsi Bengkulu melalui gerai vaksinasi dan fasilitas kesehatan lainnya," ujarnya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023