Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyediakan anggaran sekitar Rp18,4 miliar untuk kegiatan pembangunan infrastruktur jalan pedesaan pada tahun 2023.
 
"Anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan di daerah ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK)," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko Apriansyah di Mukomuko, Selasa.
 
Ia mengatakan, dana alokasi khusus untuk kegiatan pembangunan infrastruktur jalan di daerah ini pada 2023 lebih besar dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp7 miliar.
 
Ia menyebutkan, dengan anggaran sekitar Rp18,4 miliar tersebut untuk pembangunan jalan yang menghubungkan desa Nelan Indah, desa Pondok Baru, dan desa Mandi Angin.
 
Kemudian pembangunan sejumlah ruas jalan lingkungan, rekonstruksi peningkatan jalan yang menghubungkan desa Lubuk Sahung, desa Pondok Baru, jalan simpang Puskesmas Aur Cino.
 
"Total panjang jalan yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini yang akan dibangun dan ditingkatkan dari koral ke hotmik sepanjang tujuh kilometer," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pihaknya secepatnya melaksanakan kegiatan pembangunan jalan karena keterbatasan waktu penggunaan dana alokasi khusus.
 
“Secepatnya kegiatan pembangunan jalan ini kita kejar karena dana alokasi khusus ada batas waktu. Semoga pembangunan jalan dari dana ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala," ujarnya.
 
Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mukomuko Gianto mengatakan tahun 2023 sebanyak tiga organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah menerima dana alokasi khusus untuk fisik.
 
Ia menyebutkan, tiga organisasi perangkat daerah ini, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.
 
Setiap organisasi perangkat daerah ini menerima pagu anggaran pembangunan fisik, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko sebesar Rp20 miliar, Dinas Kesehatan Rp66,9 miliar, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Rp18,4 miliar.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023