Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyiapkan layanan vaksinasi COVID-19 dosis penguat atau booster bagi warga yang hendak melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman.

"Kami telah menyiapkan ribuan dosis (vaksin), tujuannya untuk meminimalkan risiko penularan COVID-19 selama periode mudik dan balik," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu, Selasa.

Herwan mengimbau warga mewaspadai risiko penularan COVID-19 semasa mudik meskipun tingkat penularan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus corona itu sudah jauh lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Walaupun pemerintah sudah tidak memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat, dia menyarankan warga untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan menjalani vaksinasi serta menerapkan protokol kesehatan selama  melakukan perjalanan mudik Lebaran guna menghindari penularan COVID-19.

Ia menyampaikan pentingnya menekan risiko penularan COVID-19 saat mobilitas warga meningkat signifikan seperti pada masa mudik Lebaran.

"Vaksinasi bukan satu-satunya upaya untuk terhindar dari penularan COVID-19. Yang terpenting adalah tidak abai, dan menerapkan protokol kesehatan, pola hidup sehat, menggunakan masker, mencuci tangan, dan tidak bepergian dalam kondisi sakit," katanya.

Provinsi Bengkulu menyiapkan pelayanan kesehatan bagi pemudik di posko-posko yang disiapkan di jalur mudik menjelang Lebaran.

Warga bisa memanfaatkan posko untuk beristirahat dan memeriksakan kondisi kesehatan di posko-posko yang disediakan ketika melakukan perjalanan mudik.
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023