Badan Nasional Pencarian dan Penyelamatan (Basarnas) Bengkulu menemukan korban RA (10) dalam kondisi meninggal dunia setelah hilang dan hanyut saat mandi di kawasan Pasir Putih Kota Bengkulu pada Sabtu (8/4).

"Korban RA berhasil ditemukan oleh tim gabungan dan langsung dibawa ke rumah sakit," kata Kepala Basarnas Bengkulu M. Arafah di Kota Bengkulu, Senin.

Baca juga: Basarnas kembali cari anak hanyut di Pantai Pasir Putih Bengkulu

Ia menyebutkan bahwa korban RA ditemukan tak jauh dari Pulau Tikus Bengkulu langsung dibawa ke rumah sakit Bhayangkara untuk dilakukan pemeriksaan dan selanjutnya dibawa ke rumah duka.

Sebelumnya tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Sosial dan Palang Merah Indonesia (PMI) dibagi menjadi enam sru.

Untuk sru I melakukan penyisiran menggunakan LCR Lanal Bengkulu dengan Luas AREA 4.96 Nm, sru II melakukan penyisiran menggunakan LCR BSN 1 dengan luas area Pencarian 5,01 Nm, sru III melakukan penyisiran menggunakan LCR POL AIR dengan luas area pencarian 4.74 Nm.

Baca juga: Seorang anak meninggal, satu masih hilang di perairan Pantai Pasir Putih Bengkulu

Kemudian sru IV melakukan penyisiran menggunakan LCR BSN 2 dengan luas area pencarian 4.93 Nm, sru V melakukan penyisiran menggunakan RIB BSN 01 dengan luas area pencarian 12.65 Nm dan sru  VI  Melakukan penyisiran darat dengan Area Pencarian Sejauh 2 km ke arah Barat Laut (TTK KOOR M ) DARI LKP  dan sejauh 1.5 km ke arah muara (TTK KOOR N).

Untuk peralatan yang digunakan oleh tim dalam proses pencarian terhadap korban yaitu dua unit perahu karet, satu unit Rigid Inflatable Boat, satu set peralatan lengkap SAR air, satu aqua eyes, dua set peralatan selam, satu set Under Water Search Device (UWSD), peralatan navigasi, peralatan medis dan peralatan pelindung diri Individu tim.

Sebelumnya, Selain RA (10), ada dua kerabat lainnya yaitu RE (10) yang berhasil diselamatkan oleh nelayan dan RI (10) yang telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023