Aparat Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Bengkulu menangkap dua orang tersangka pelaku pembunuhan seorang remaja laki-laki pada 11 Desember 2022 lalu yang dilakukan dengan sadis.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Tonny Kurniawan didampingi Kasat Reskrim AKP Sampson Sosa Hutapea di Mapolres Rejang Lebong, Senin, mengatakan dua tersangka pembunuhan sadis ini baru berhasil ditangkap setelah empat bulan menjadi buronan, keduanya ialah RF (22) warga Kelurahan Jalan Baru, Kecamatan Curup, dan JP (27) warga Desa Air Meles Bawah, Kecamatan Curup Timur.

"Tersangka yang pertama ditangkap adalah RF pada hari Jumat (7/4) sekitar pukul 00.30 WIB saat berada di kontrakannya di Kelurahan Jalan Baru, Kecamatan Curup. Setelah dilakukan pengembangan diketahui satu tersangka lainnya yakni JP berada di Provinsi Jambi Kelurahan Durian Luncuk, Kecamatan Batin XXIV Provinsi Jambi," kata dia.

Dia menjelaskan setelah mengetahui posisi tersangka JP, kemudian tim 45 Satreskrim Polres Rejang Lebong berangkat ke Jambi dan berkoordinasi dengan petugas kepolisian setempat sehingga berhasil menangkap tersangka JP dan selanjutnya membawanya ke Mapolres Rejang Lebong.

Adapun motif pembunuhan terhadap korban yang diketahui bernama Redo (20), warga Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang tersebut, kata dia, karena tersangka JP merasa cemburu terhadap korban yang sering menghubungi pacarnya berinisial L untuk mengajak ke tempat hiburan karaoke.

Tersangka JP kemudian mengajak pelaku atas nama RF merencanakan untuk menjebak korban Redo dengan menghubungi korban menggunakan HP milik pacarnya guna bertemu di Stadion Air Bang, Kecamatan Curup Tengah. Saat tiba dilokasi kedua pelaku langsung menusuk korban beberapa kali sehingga korban langsung meninggal dunia.

"Saat baru tiba di lokasi korban dihadang tersangka RF dan dari arah belakangan datang tersangka JP yang langsung menarik sehingga terjatuh dari sepeda motor yang lalu menusuk korban berulang kali di bagian dada," terangnya.

Ditambahkan oleh Kasat Reskrim AKP Sampson Sosa Hutapea setelah korban tergeletak tidak berdaya tersangka RF mengambil sepeda motor korban merek Yamaha Mio m3 BD 6369 KS termasuk HP dan dompet. Sepeda motor ini mereka jual dan uangnya dibagi, sedangkan HP korban diambil tersangka JP.

"Tersangka JP ini tidak bisa berkutik lagi karena saat ditangkap handphone milik korban ada padanya," kata Sampson.

Atas perbuatannya kedua pelaku dijerat petugas penyidik dengan pasal 340 KUHP dan atau pasal 338 KUHP subsider pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana hukuman mati, atau penjara seumur hidup dan sekurang-kurangnya 20 tahun penjara.

Sebelumnya, warga RT 01 RW 01 Jalan Lingkar Stadion Air Bang, Kecamatan Curup Tengah pada 12 Desember 2022 sekitar pukul 04.30 WIB menemukan sesosok mayat remaja laki-laki tanpa identitas dalam kondisi penuh luka bekas tusukan senjata tajam.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023