Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyalurkan bantuan rumah ibadah untuk wilayah Kota Bengkulu sebesar Rp2,8 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023.
 
Anggaran Rp2,8 miliar tersebut disalurkan untuk 49 rumah ibadah di Kota Bengkulu pada 2023 yang terdiri dari enam gereja, satu Pura Banjar Suka Duka dan sebanyak 42 Masjid.
 
"Bantuan untuk rumah ibadah tersebut merupakan bentuk hadirnya pemerintah di tengah masyarakat sesuai dengan Pasal 29 Ayat 2 UUD 1945 serta memakmurkan rumah ibadah, sekaligus mendukung geliat dan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui rumah ibadah," kata Rohidin di Kantor Gubernur Bengkulu, Selasa.
 
Selain di Kota Bengkulu, Gubernur juga menyalurkan bantuan rumah ibadah di sembilan wilayah lainnya yang ada di Provinsi Bengkulu dengan total nominal yang berbeda-beda.
 
Total 241 mesjid, gereja dan rumah ibadah lainnya yang mendapatkan bantuan perbaikan bangunan dari dana keagamaan sebesar Rp10 hingga Rp15 juta.
 
Penyaluran bantuan perbaikan bangunan rumah ibadah tersebut dilaksanakan pada bulan Ramadhan 1444 Hijriah atau pada Maret hingga April 2023.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan dana sebesar Rp24 miliar dari APBD 2023 untuk dana hibah keagamaan.
 
Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu Syarifuddin mengatakan bahwa dana hibah keagamaan tersebut akan digunakan untuk bantuan melakukan perbaikan bangunan sejumlah mesjid, bantuan pendidikan hingga untuk Organisasi Masyarakat (Ormas) keagamaan di Provinsi Bengkulu.*

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023