Perum Bulog cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu menyalurkan beras bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) sebanyak 422 ton untuk bulan pertama penyaluran.

Kepala Perum Bulog cabang Rejang Lebong Guslindawati di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan beras bantuan CPP tersebut diberikan untuk tiga bulan terhitung Maret-Mei 2023.

Bantuan ini berasal dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang diberikan kepada Penerima Bantuan Pangan (PBP) berdasarkan data dari Kementerian Sosial tersebar dalam Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong.

"Beras bantuan CPP yang disalurkan Bulog cabang Rejang Lebong per bulan mencapai 422 ton, terdiri dari Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 196 ton, Kabupaten Kepahiang sebanyak 126,7 ton dan Kabupaten Lebong sebanyak 99,4 ton," kata dia.

Dia menjelaskan bantuan beras CPP yang mereka salurkan ini setiap penerimanya mendapatkan bantuan beras seberat 10 kg, di mana waktu pendistribusiannya untuk Kabupaten Rejang Lebong pada 6 hingga 10 April kemarin dan selanjutnya untuk Kabupaten Lebong dan Kepahiang.

Beras bantuan pemerintah itu sendiri didistribusikan pihaknya sampai ke kecamatan masing-masing kabupaten. Dari tiga kabupaten ini diketahui penerima terbanyak berada di Kabupaten Rejang Lebong yang mencapai 19.577 penerima bantuan pangan (PBP), tersebar dalam 15 kecamatan.

Sedangkan untuk Kabupaten Kepahiang penerimanya sebanyak 12.677 PBP tersebar dalam delapan kecamatan, dan penerima yang ada di Kabupaten Lebong sebanyak 9.948 PBP tersebar di 12 kecamatan.

Program penyaluran beras CPP ini, tambah dia, diberikan pemerintah pusat untuk tiga bulan terhitung Maret-Mei mendatang, di mana pihaknya kebagian mendistribusikan beras.

"Sedangkan pada bulan selanjutnya ada tambahan berupa telur dan daging ayam tetapi bukan oleh kami tetapi oleh pihak ID.Food," demikian Guslindawati.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023