Lubuklinggau (ANTARA Bengkulu) - Dua jembatan gantung di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatra Selatan, terancam roboh karena mengalami kerusakan yang serius.

"Dua jembatan gantung ini mengalami kerusakan yang cukup parah, tapi dalam APBD 2012 perbaikannya belum dianggarkan dan kemungkinan diperbaiki pada APBD-Perubahan nanti," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Lubuklinggau, Syamsuar Bakrie, di Lubuklinggau, Senin.

Namun, kalau menyangkut keselamatan penggunanya dan sifatnya mendesak kedua jembatan tersebut bisa diperbaiki dengan menggunakan anggaran khusus bencana alam.

Kondisi kedua jembatan yang mengalami kerusakan tersebut, kata dia, berada di Kecamatan Lubuklinggau Barat I di antaranya jembatan gantung Kelurahan Pelitajaya dan jembatan gantung di Kelurahan Lubuktanjung.

Kedua jembatan tersebut selama ini menjadi penghubung antarkampung, dan sarana penghubung menuju lokasi perkebunan yang berada di kawasan Bukit Sulap, terutama yang berada di bantaran Sungai Kelingi yang membelah daerah itu.

Perbaikan kerusakan kedua jembatan itu, tambah dia, akan menelan dana ratusan juta karena rehabilitasinya harus dilakukan menyeluruh, bukan hanya sebatas papan dasar jembatan, namun juga kondisi kawat baja penyangga jembatan sehingga nantinya tidak akan cepat rusak.

Sementara itu, pihak pemkot setempat juga sudah menginstruksikan pihak terkait yakni dinas pekerjaan umum setempat untuk mendata kondisi jembatan beton maupun jembatan gantung yang ada dalam delapan kecamatan di daerah itu, sehingga dapat diusulkan untuk perbaikan pada APBD-Perubahan November mendatang.(nmd)

Pewarta:

Editor : Usmin


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012