Jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu melakukan patroli pengamanan jalur mudik lebaran yang dinilai rawan tindak kejahatan dan bencana alam di wilayah itu.

Komandan Kodim (Dandim) 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo dalam keterangannya di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan anggota TNI yang melakukan patroli tersebut untuk membantu tugas pengamanan pihak kepolisian mencegah terjadinya tindak kejahatan juga mengantisipasi terjadinya bencana alam.

"Kegiatan patroli ini untuk meningkatkan pengamanan di titik rawan kejahatan dan rawan bencana alam. Kegiatan ini sebagai upaya mempererat silaturahmi dan sinergitas bersama-sama menciptakan wilayah yang kondusif," kata dia.

Dia menjelaskan patroli Kodim 0409/Rejang Lebong tersebut melibatkan anggota Babinsa dan telah dimulai pada Jumat (14/4), di mana awal kegiatan langsung dipimpin oleh dirinya bersama sejumlah perwira seksi (pasi).

Adapun rute patroli anggota TNI itu, kata dia, dimulai dari Makodim 0409/Rejang Lebong langsung ke Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan, karena pada beberapa titik dalam wilayah Kecamatan Sindang Kelingi dan Binduriang selama ini rawan tindak kejahatan.

Pada kegiatan patroli anggota TNI menurut dia, sengaja menggunakan sepeda motor jenis trail karena mudah menjangkau lokasi-lokasi sulit yang memiliki kerawanan terhadap potensi bencana alam.

"Sebagian besar wilayah teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong ini terutama di Kabupaten Rejang Lebong memiliki kerawanan bencana alam banjir dan tanah longsor," terangnya.

Dia mengajak seluruh pihak dan elemen masyarakat di wilayah itu untuk turut aktif melakukan upaya pencegahan serta antisipasi dini dalam penanggulangan bencana alam sehingga jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam dapat dilakukan upaya penanggulangan dengan cepat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023