Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berencana membangun ruang terbuka hijau di sempadan sungai dan pantai di daerah itu pada 2015.

"Rencananya ruang terbuka hijau (RTH) itu dibangun di sempadan Sungai Selagan, pantai yang tergerus abrasi di Air Punggur, dan Pantai Indah Mukomuko," kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Mukomuko Risber A Razak di Mukomuko, Selasa.

Risber mengatakan, saat ini instansi itu bersama dengan konsultan swasta sedang membuat "Master Plane" tiga lokasi sempadan sungai dan pantai yang akan dibangun RTH tersebut.

Menurutnya, tiga lokasi itu dipilih sebagai RTH karena di lokasi tersebut tidak ada tanaman yang tumbuh. Diharapkan dengan adanya RTH tiga lokasi itu menjadi hijau.

Selain itu, lanjutnya, untuk menjaga agar tidak ada aktivitas masyarakat di tiga lokasi yang akan dibangun RTH.

Namun, katanya, untuk teknis lebih jauh terkait pembangunan RTH di sempadan sungai dna pantai itu tugas dari Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum setempat.

Menurutnya, instansi itu hanya bertugas menyusun RTH pada sempadan sungai dan pantai di daerah itu.

Konsultan dari CV Tri Putra Yadi menyebutkan tiga lokasi RTH itu terdapat di jembatan Sungai Selagan seluas satu hektare, sepanjang 10 meter di pantai abrasi di Air Punggur, dan di Pantai Indah Mukomuko.

Yadi mengatakan khusus di pantai abrasi tidak hanya akan dibuatkan RTH berupa taman saja, sepanjang lokasi itu juga akan dilengkapi dengan "Rest Area".***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014