Sebanyak 701 insinyur lulusan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dalam 10 angkatan siap berkontribusi membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Tenaga para insinyur ini pasti dibutuhkan untuk pembangunan IKN dan Pulau Kalimantan secara umum, alumni kami siap berkontribusi," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Kamis.

Ia mengatakan ULM yang baru saja ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) masuk klaster mandiri atau terbaik bersama 40 perguruan tinggi top Indonesia, sehingga  menjadi jaminan kualitas para alumni.

Selain itu Pendidikan Profesi Insinyur (PPI) ULM, kata dia, telah terakreditasi B sehingga tenaga insinyur yang dihasilkan bisa mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki etika profesi serta kualifikasi sesuai standar sertifikasi sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran.

Sementara Dekan Fakultas Teknik ULM Prof Iphan Fitrian Radam menjelaskan pada pengukuhan kelulusan mahasiswa PPI angkatan X dilepas sebanyak 93 insinyur.

Untuk bisa mengikuti perkuliahan PPI, ULM membuka dua jalur penerimaan yaitu pertama jalur reguler bagi Sarjana Teknik/Sarjana Terapan/Sarjana Pendidikan Teknik/Sarjana Sains/D4 Teknik yang memiliki pengalaman keinsinyuran paling sedikit dua tahun.

Jalur ini kuliah dua semester, semester pertama kuliah teori (6 SKS), semester kedua magang atau praktek keinsinyuran (18 SKS).

Pada jalur reguler ini diharapkan para mahasiswanya sudah bekerja di bidang keinsinyuran, sehingga tempat kerjanya sekaligus tempat magang.

Kemudian ada jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi Sarjana Teknik/Sarjana Terapan/Sarjana Pendidikan Teknik/Sarjana Sains/D4 Teknik yang memiliki pengalaman lebih dari lima tahun dan telah memiliki pengalaman kerja keinsinyuran.

Jalur RPL merupakan program pengakuan atas pengalaman pembelajaran dan praktik kerja keinsinyuran lampau, sehingga dapat disetarakan dengan 24 SKS. Jalur RPL hanya satu semester dan tidak kuliah.

"Ke depan akan dibuka jalur untuk fresh graduate atau titel baru yang disandang mahasiswa setelah masa kuliah atau mereka yang memiliki pengalaman kerja kurang dari dua tahun," jelas Iphan.

Pewarta: Firman

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023