Sebanyak 30 penumpang kapal Ferry KMP Royce 1 yang terbakar di perairan penyeberangan Pelabuhan Merak - Bakauheni pada Sabtu (6/5) pukul 15.30 akan tiba di Bengkulu pada Minggu malam ini (7/5).
 
Bagian Penjualan Tiket PO Putra Rafflesia di Bengkulu, Yandri Adi menerangkan, 30 penumpang merupakan warga Kota Bengkulu yang melakukan perjalanan dari Bandung, Jawa Barat yang menggunakan bus Putra Rafflesia.
 
"Untuk semua kru dan penumpang selamat dengan total 30 orang malam ini semuanya akan tiba di Bengkulu," kata dia di Kota Bengkulu, Minggu.
 
Ia menyebutkan bahwa saat terjadinya kebakaran kapal, terdapat dua bus Putra Rafflesia yang berisikan 25 penumpang dan lima kru dari Putra Rafflesia.
 
Kemudian, untuk kondisi bus Putra Rafflesia saat ini pasca terjadinya kebakaran kapal tersebut, pihaknya belum mengetahui pasti dan menunggu informasi dari Basarnas dan dinas terkait.
 
Sebelumnya, KMP Royce 1 terbakar di Perairan Alur Penyebrangan Merak – Bakauheuni, kapal tersebut memiliki nomor MMSI 525100336 dengan jumlah penumpang 456 orang.
 
Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan atau SAR Nasional (Basarnas) Banten melakukan evakuasi KMP Royce 1 dengan menggunakan Rescue CAR, KN SAR Tetuka,RIB 02 Banten, Kapal Patroli Polairud, Kapal Patroli Lanal Banten, Kapal Patroli KPLP dan Kapal Nelayan serta cuaca cerah berawan.
 
"Semua penumpang itu selamat dan dipastikan tidak ada korban jiwa, sehingga Ops SAR diusulkan untuk ditutup dan unsur yang terlibat dikembalikan kesatuannya masing - masing," kata Kepala Operasi Basarnas Banten Heru dalam keterangan tertulis.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023