Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu kembali merealisasikan program sambungan listrik gratis untuk 230 masyarakat tidak mampu yang berada di sejumlah wilayah setempat.
 
"Tahun ini kita kembali merealisasikan program sambungan listrik gratis, untuk jumlahnya sekitar 230 sambungan," kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu Mulyani di Kota Bengkulu, Kamis.
 
Ia menyebutkan, untuk pelaksanaan waktu penyaluran program listrik gratis tersebut akan dilakukan setelah pihaknya melakukan verifikasi ulang data yang diterima untuk warga yang menjadi sasaran penerima manfaat.
 
Hal tersebut dilakukan, agar penerima bantuan program listrik gratis tersebut benar benar masyarakat yang rumahnya belum memiliki sambungan listrik.
 
Sebelumnya, pada 2022 Pemprov Bengkulu merealisasikan program listrik gratis dengan memasang listrik ke 200 rumah milik masyarakat kurang mampu di dua wilayah.
 
Mulyani menjelaskan, dari 200 rumah tersebut tersebar di 100 rumah masyarakat tidak mampu dari Kabupaten Kepahiang, 75 rumah di Kabupaten Lebong dan 25 rumah di Kabupaten Bengkulu Selatan.
 
Untuk realisasi program listrik gratis tersebut, Pemprov Bengkulu menyiapkan anggaran sebesar Rp325 juta.
 
Selain itu, ia menyebutkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan, pihaknya akan menambahkan pemasangan listrik gratis.
 
Program listrik gratis tersebut, kata Mulyani, diprioritaskan terhadap daerah yang belum mendapatkan sambungan listrik dan program tersebut juga akan berlanjut pada tahun depan.
 
"Untuk data warga yang berhak mendapatkan listrik gratis berdasarkan data dari Dinas Sosial yang kemudian diverifikasi oleh tim dari Dinas ESDM," sebutnya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023