Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berencana memperluas pembagian seragam sekolah gratis untuk pelajar dari sekolah yang berada di lingkungan Kementerian Agama di daerah ini.
 
"Rencananya tahun 2024, saat ini kami sedang pembuatan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA), mudah-mudahan diakomodir sekolah di bawah Kemenag," kata Kabid Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Ramon Hoski di Mukomuko, Jumat.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko sejak tahun 2022 mengadakan bantuan seragam sekolah gratis untuk pelajar tingkat SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
 
Kemudian tahun 2023 pemerintah daerah kembali mengadakan bantuan seragam sekolah gratis untuk pelajar tingkat SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.
 
Ia mengatakan, instansi belum bisa mengadakan bantuan seragam sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madrasah Tsanawiyah (MTS) karena belum ada anggaran untuk kegiatan tersebut.
 
"Kita berharap seluruh pelajar MI dan MTS pada tahun depan diakomodir," ujarnya.
 
Ia mengatakan, tahun 2023 sebanyak 6.093 siswa baru tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menerima bantuan seragam sekolah gratis dari pemerintah setempat.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp1,8 miliar yang bersumber dari APBD untuk membeli sebanyak 6.093 paket seragam untuk 6.093 siswa SD dan SMP yang tersebar di daerah ini.
 
Ia mengatakan, sebanyak 6.093 orang siswa baru yang menerima seragam sekolah gratis dari pemerintah setempat tersebar di 138 SD dan 58 SMP negeri dan swasta di daerah ini.
 
Ia menjelaskan, pengadaan seragam sekolah tahun ini sama dengan tahun sebelumnya meliputi seragam sekolah merah putih dan putih biru yang dilengkapi topi dan dasi serta baju olahraga untuk pelajar SD dan SMP.
 
Pihaknya menerima data sebanyak 6.093 siswa yang terdiri atas 3.352 siswa SD dan 2.741 siswa SMP serta ukuran seragam setiap siswa dari kepada pihak SD dan SMP, demikian Ramon Hoski .
 
Update Berita Antara Bengkulu di Google News
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023