Mukomuko,  (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memberikan penghargaan kepada seniman dan budayawan yang aktif melestarikan seni budaya di daerah itu.

"Penghargaan untuk seniman dan budayawan dari daerah ini berupa plakat dan cendera mata," kata Kabid Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Yulia Reni, di Mukomuko.

Ia mengatakan, pemberian penghargaan itu sebagai bentuk perhatian pemerintah setempat kepada seniman dan budayawan yang telah berbuat untuk Mukomuko serta mengangkat dan melestarikan seni budaya di daerah itu.

Menurutnya, meskipun secara materi penghargaan yang diberikan ini tidak besar, tetapi minimal dapat memotivasi seniman dan budayawan untuk terus berbuat dan berkarya untuk daerah itu.

Selain itu, lanjutnya, untuk memotivasi seniman dan budayawan lain yang belum menerima penghargaan untuk untuk berbuat lebih banyak dalam memajukan seni dan budaya di daerah itu.

Sedangkan seniman dan budayawan yang akan menerima penghargaan itu, menurutnya, nanti akan diseleksi dan dikonsultasikan ke Pemerintah Provinsi Bengkulu terkait kriteria penerima penghargaan.

Termasuk, lanjutnya, pihaknya belum dapat memastikan jumlah seniman dan budayawan yang akan menerima penghargaan dari pemerintah setempat.

"Saat diseleksi akan diketahui kriteria orangnya termasuk jumlah seniman dan budayawan yang menerima penghargaan tersebut," ujarnya lagi.

Ia menerangkan, baru tahun ini pemerintah setempat memberikan penghargaan kepada seniman dan budayawan. Pemberian penghargaan ini juga sebagai tindaklanjut dari workshop seni dan budaya tahun lalu dan masukan dari seniman dan budayawan.

Ia menyebutkan, sebanyak delapan orang seniman yang membidangi seni tari, musik, dan cagar budaya. Lalu tiga orang budayawan.

***4***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015