Organisasi lingkungan Kanopi Hijau Indonesia menyosialisasikan upaya konservasi alam kepada para pelajar guna menumbuhkan kepedulian mereka terhadap lingkungan.

Manajer Kampanye Hutan dan Perkebunan Kanopi Hijau Indonesia Erin Dwiyanda di Bengkulu, Minggu, menyampaikan bahwa organisasi antara lain memanfaatkan peringatan Hari Anak Internasional untuk mengampanyekan upaya konservasi gajah dan habitatnya kepada para pelajar.

Dalam hal ini, kampanye konservasi gajah dilaksanakan lewat lomba melukis gajah dengan tema "Bentang Alam Seblat untuk Masa Depan". Bentang Alam Seblat merupakan habitat alami gajah sumatera.

"Lewat momentum hari anak internasional kami mengajak generasi muda untuk mengenal dan peduli dengan pelestarian lingkungan hidup, terutama mengenal pentingnya Bentang Alam Seblat bagi kehidupan," kata Erin.

Lomba melukis gajah yang berlangsung Sabtu (27/5) diikuti oleh pelajar dari SDN 1 Malin Deman, SDN 3 Malin Deman, SDN 8 Malin Deman, dan MIN 1 Mukomuko.

Pemenang lomba akan diumumkan pada 5 Juni 2023 dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Kepala Sekolah SDN 3 Malin Deman Rabiani menilai kegiatan tersebut bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan upaya konservasi alam dan satwa liar kepada anak-anak.

Sementara Kepala Sekolah SDN 8 Malin Deman Yatin mengatakan bahwa kegiatan itu dapat menumbuhkan kecintaan anak pada lingkungan.

"Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak untuk melestarikan lingkungan,” ujar Yatin.

Erin menyampaikan bahwa lomba lukis gajah merupakan bagian dari kampanye perlindungan Bentang Alam Seblat dari perambahan hutan, perluasan area perkebunan, dan pertambangan batu bara.
 
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023