Bengkulu (Antara) - Satu bunga langka Rafflesia arnoldii, dan dua bunga Rafflesia bengkuluensis ditemukan mekar di kawasan hutan di Provinsi Bengkulu.

"Dua bunga rafflesia jenis bengkuluensis mekar di hutan Kabupaten Kaur, dan satu bunga rafflesia jenis arnoldii mekar di hutan Kabupaten Kepahiang," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu Sofian Ramadhan di Bengkulu, Senin.

Sofian mengatakan bunga rafflesia jenis bengkuluensis ditemukan sejumlah pemuda yang bergabung dalam Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka di Kabupaten Kaur.

Satu dari dua bunga tersebut bahkan mekar dengan menggantung pada akar inang pohon.

Bunga rafflesia adalah tumbuhan yang hidup pada pohon inang atau disebut tumbuhan parasit. Pohon inang rafflesia adalah tumbuhan merambat dari genus tetrastigma.

"Ukuran bunga jenis rafflesia umumnya lebih besar dibanding bengkuluensis," ujarnya.

Bunga Rafflesia arnoldii yang mekar di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun Kabupaten Kepahiang dapat dinikmati warga masyarakat yang melintas di jalur Kota Bengkulu-Kepahiang menuju Kabupaten Musirawas, Sumatra Selatan.

Bunga yang mekar di kawasan hutan yang dapat dilalui pengendara tersebut dijaga oleh Kelompok Peduli Puspa Langka Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang.

"Biasanya anggota kelompok membuat spanduk tanda bunga mekar untuk memudahkan warga untuk melihat bunga itu," ujarnya.

Sedangkan bunga Rafflesia bengkuluensis yang mekar di kawasan hutan di Kabupaten Kaur menurutnya cukup sulit dijangkau, namun anggota komunitas puspa langka sudah membuat rute menuju habitat bunga langka tersebut.

Anggota Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka, Noprianto mengatakan dua jenis bunga rafflesia tersebut dapat dinikmati penggemar flora langka dalam lima hari ke depan.

"Kalau bagi penggemar wisata flora langka, rute menuju habitat ini sangat menantang dan banyak hal unik yang bisa dinikmati, seperti keasrian hutan tropis," katanya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015