Bengkulu (Antara) - Kapal feri milik Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Bengkulu menambah trip pelayaran dari Kota Bengkulu ke Pulau Enggano pulang pergi sebelum bertolak menuju Jakarta untuk menjalani perawatan rutin atau docking.

"Selama bulan Januari ada penambahan trip untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebelum menjalani docking," kata Staf Bidang Usaha dan Teknik ASDP Bengkulu Sarpono di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan selama Januari 2015, trip pelayaran dari Bengkulu menuju Pulau Enggano pulang pergi sebanyak 12 trip.

Jumlah trip tersebut ditambah menjadi 16 kali sebelum kapal tersebut menjalani docking selama satu bulan atau selama Februari 2015.

"Kami menambah empat trip selama Januari sebelum off atau berhenti selama Februari," ucapnya.

Selain melayani angkutan orang dan barang, kapal fery Pulo Tello yang melayani pelayaran tersebut juga menjadi andalan untuk mengangkut bahan bakar minyak.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar lebih 3.000 orang warga di Pulau Enggano, pengangkutan bahan bakar juga digelar dua kali selama bulan Januari.

"Jadi kami juga mengantisipasi kebutuhan bahan bakar selama kapal naik dock," ujarnya.

Sarponi mengatakan selama kapal fery Pulo Tello menjalani docking, ASDP tidak menyediakan kapal pengganti untuk melayani transportasi Bengkulu-Pulau Enggano pulang pergi.

Namun, informasi yang diperoleh ASDP, kapal perintis akan melayani rute tersebut mulai Februari 2015.

"Bila tidak ada perubahan dan sesuai hasil docking kapal, Pulo Tello akan kembali berlayar mulai 3 Maret 2015," katanya menambahkan.

Terkait tarif angkutan laut tersebut, Sarponi mengatakan belum ada perubahan. Tarif untuk orang dewasa Rp53.000, angkutan barang Rp42.000 per meter kubik, kendaraan roda dua Rp95.000, kendaraan roda empat Rp1,015 juta dan truk Rp1,5 juta. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015