Bengkulu (Antara) - Empat partai politik menjadi incaran para calon gubernur yang akan maju pada pemilihan kepala daerah Provinsi Bengkulu yang akan digelar tahun ini.

Empat partai politik dengan jumlah pendaftar calon gubernur terbanyak yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrat, Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

"Sudah sembilan orang calon gubernur yang mendaftar ke PDIP dan kami sudah melakukan uji kepatutan dan kelayakan," kata Ketua DPD PDIP Elva Hartati di Bengkulu, Selasa.

Sementara jumlah calon gubernur yang mendaftar ke Partai Demokrat sebanyak delapan orang.

Wakil Gubernur Bengkulu Sultan Najamudin menjadi pendaftar terakhir yang memasukkan berkas pendaftaran sebagai calon gubernur ke Partai Demokrat pada Senin (19/1).

Ketua DPD Partai Demokrat Edison Simbolon mengatakan para calon gubernur yang mendaftar ke partai tersebut akan diseleksi dengan mengutamakan kader partai.

"Dari sekian calon yang mendaftar kami prioritaskan kader, karena harapan kita, setelah terpilih turut berkontribusi membesarkan partai," katanya.

Sedangkan jumlah pendaftar ke Partai Gerindra dan NasDem masing-masing enam orang calon gubernur.

Sekretaris DPD Gerindra Sis Rahman mengatakan setelah menerima berkas pendaftaran para calon gubernur akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan.

"Setelah uji kepatutan dan kelayakan, beberapa nama yang dianggap terbaik akan diusulkan ke pengurus pusat untuk penentuan calon yang diusung," katanya.

Sementara tiga partai politik lainnya yang memiliki kursi di DPRD Provinsi Bengkulu yakni Partai Golkar, PKS dan PAN hingga kini belum membuka pendaftaran calon gubernur.

Pilkada Provinsi Bengkulu dan enam daerah kabupaten di provinsi tersebut dijadwalkan berlangsung serentak pada Desember 2015.***2*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015