Cabang olahraga para-atletik mengumpulkan 41 medali emas selama penyelenggaraan ASEAN Para Games 2023 di Phnom Penh Kamboja dan berhasil melampaui target medali yang telah dicanangkan sebelumnya.

"Alhamdulillah capaian kita sudah bisa melampaui target. Target awal kita 39, kemudian hari ini itu 41 emas," kata Koordinator Pelatih Para-atletik Indonesia Slamet Widodo di Phnom Penh, Kamboja, Rabu.

Indonesia menjadi negara kedua dengan perolehan medali terbanyak cabang olahraga para-atletik di ASEAN Para Games 2023 Kamboja, setelah Thailand yang mengumpulkan 43 emas.

Indonesia memperoleh 41 emas, 51 perak, dan 25 perunggu dari cabang olahraga para-atletik.

Slamet mengatakan performa anak-anak asuhnya pada ASEAN Para Games 2023 dinilai luar biasa karena beberapa atlet yang tak diunggulkan malah mendapatkan emas. Namun Slamet juga tak menampik bahwa ada beberapa atlet yang diharapkan mendapat emas malah gagal mencapai target.

Beberapa atlet bahkan berhasil meraih lebih dari satu medali emas seperti Nur Ferry Pradana yang meraih lima emas, dan Karisma Evi Tiarani yang membawa pulang tiga keping medali emas.

Per hari ini, Indonesia telah mengumpulkan 127 medali emas, 116 perak, dan 69 perunggu pada ASEAN Para Games 2023 di Kamboja.

Indonesia berada di puncak klasemen perolehan medali, namun Thailand membuntuti di posisi kedua dengan 96 emas, 87 perak, dan 62 perunggu.

Pewarta: Aditya Ramadhan

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023