Bengkulu (Antara-IPKB) - Pada 2014 lalu pemerintahan di Provinsi Bengkulu mendapat bantuan sarana transportasi calon akseptor guna meningkatkan cakupan pelayanan di daerah yang sulit jangkauan KB.

Bantuan berupa kendaraan tersebut berupa mobil fungsional transportasi atau angkutan calon akseptor KB. Itu untuk menekan unmet need KB bagi wilayah yang jauh dari akses pelayanan, kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu Maryana, saat menghadiri penutupan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan 2014 di Kecamatan Kota Padang Kabupaten rejang Lebong, Bengkulu Senin 29/12.

Kendaraan satu unit mobil sarana transportasi calon akseptor KB untuk Kabupaten Rejang Lebong diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN Bengkulu Maryana kepada Bupati Rejang Lebong Suherman di Kota Padang, Rejang Lebong Bengkulu akhir tahun lalu.

Bantuan transportasi untuk calon akseptor KB itu untuk meningkatkan pelayanan KKBPK bagi masyarakat di wilayah terpencil, tertinggal dan wilayah perbatasan yang sulit mendapat jangkauan pelayanan. 
"Kendaraan transportasi penjemput calon akseptor tersebut difungsikan dalam pelaksanaan program KB di daerah itu, " kata Maryanan. 

Kasubag Perencanaan BKKBN Bengkulu Weldi Suisno menambahkan, pengadaan berupa mobil unit fungsional pengangkut calon akseptor KB di beberapa kabupaten di Bengkulu tahun 2014 telah sesuai berdasarkan menu yang dibutuhkan daerah.

Tahun lalu DAK yang dipergunakan dalam pengadaan serupa itu terdapat dibeberapa kabupaten/kota. "Kabupaten Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu Tengah, lelas Weldi.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Rejang Lebong Syafri Idris mengatakan, diterimanya bantuan satu unit kendaraan transportasi calon akseptor tersebut melalui bantuan dana alokasi khusus (DAK) program KB 2014.

Syafri menambahkan, dengan bantuan tersebut dapat meningkatkan cakupan pelayanan hingga ke-masyarakat perdesaan.

Ia menambahkan, capaian peserta baru 2014 telah melampaui target."hingga November-2014 pelayanan terhadap peserta baru sebesar 112 persen," katanya.(rs)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015