Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengalokasikan anggaran sebesar Rp480 juta pada 2023 untuk membangun empat taman terbuka hijau di sejumlah lokasi di kota tersebut.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Riduan, di Bengkulu, Kamis, mengatakan bahwa dari empat taman terbuka hijau tersebut, saat ini dua taman di antaranya sudah selesai dibangun, yakni di kawasan Cempaka Permai dan di area Merah Putih.
 
Ia menyebutkan bahwa untuk dua taman lainnya yang berada di kawasan Betungan dan Pengantungan Kota Bengkulu akan dibangun dalam waktu dekat.
 
"Jika anggaran Rp480 juta tersebut nanti masih ada sisa, maka akan digunakan untuk membangun taman lagi di Kota Bengkulu," katanya.
 
Menurut dia, hal itu dilakukan dalam rangka memperindah dan mempercantik Kota Bengkulu. Apalagi jumlah taman di Kota Bengkulu masih kurang, dan diperlukan penambahan agar terdapat ruang terbuka hijau yang memadai.
 
Selain membangun taman terbuka hijau, lanjut Riduan, pihaknya juga melakukan perawatan di beberapa titik taman yang menjadi kewenangan DLH Kota Bengkulu.
 
Ia menambahkan, Pemerintah Kota Bengkulu juga menganggarkan dana sebesar Rp180 juta untuk pembangunan tugu dan taman di persimpangan jalan yang ada di wilayah tersebut.
 
"Pada tahun ini Pemerintah Kota Bengkulu menganggarkan dana sebesar Rp180 juta untuk membangun tugu dan taman di persimpangan jalan, salah satunya di persimpangan Bank Indonesia," kata Riduan.
 
Menurut dia, anggaran yang digunakan sebesar Rp180 juta tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu.
 
Ia mengatakan, selain membangun tugu, pihaknya juga akan melakukan perbaikan ulang di sejumlah titik kawasan persimpangan jalan yang ada di Kota Bengkulu.
 
"Pembangunan dan perbaikan tugu di persimpangan jalan tersebut dilakukan untuk memperindah kawasan Kota Bengkulu serta dapat menjadi simbol pembangunan wilayah," katanya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023