Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menerima bantuan benih padi varietas Infari IR Nutri Zinc sebanyak 7,5 ton dari Kementerian Pertanian untuk penanganan kasus stunting di wilayah itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong Zulkarnain di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan bantuan bibit padi varietas Infari IR Nutri Zinc sebanyak 7,5 ton tersebut untuk ditanam di persawahan masyarakat seluas 300 hektare.

"Alhamdulillah Kabupaten Rejang Lebong pada tahun ini mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian berupa benih padi varietas Infari IR Nutri Zinc. Padi ini kaya akan nutrisi dan mengandung zinc sangat tinggi sehingga cukup baik untuk pencegahan stunting," kata dia.

Dia menjelaskan bantuan bibit padi yang diperuntukkan penanganan stunting ini mereka distribusikan ke daerah-daerah rawan stunting atau daerah yang kasus stuntingnya tinggi di Kabupaten Rejang Lebong.

"Bantuan ini kita alokasikan untuk daerah-daerah yang rawan stunting namun harus ada kelompok tani dan areal persawahannya, kalau tidak ada tidak kita kasihkan," terangnya.

Ia mengatakan bantuan bibit padi varietas Infari IR Nutri Zinc itu sendiri tiba di Kabupaten Rejang Lebong Rabu (14/6) kemarin, dan setelah diterima langsung didistribusikan melalui balai penyuluh pertanian (BPP) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong dan selanjutnya dibagikan kepada kelompok tani.

Bantuan benih padi varietas jenis itu, tambah dia, merupakan kali pertama diterima oleh Kabupaten Rejang Lebong, di mana ini diberikan Kementan guna membantu penanganan kasus stunting di Rejang Lebong yang saat ini berada di angka 20,2 persen.

Dia mengimbau kalangan petani di Rejang Lebong yang belum tergabung dalam kelompok tani agar segera membentuk atau bergabung dengan kelompok tani, karena saat ini syarat untuk bisa mendapat semua jenis bantuan dari pemerintah harus melalui kelompok tani.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023