Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengusulkan penambahan sebanyak 20 desa di daerah ini sebagai penerima program perluasan akses internet gratis tahun 2023.
 
"Mudah-mudahan tahun ini ada penambahan jumlah desa yang menerima program internet gratis dari pemerintah daerah setempat," kata Kepala Bidang Aplikasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Yunaldi Asri di Mukomuko, Rabu.
 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko tahun 2023 mendapatkan alokasi dana dari APBD untuk pembangunan internet di 31 desa yang tersebar di sejumlah kecamatan daerah ini.
 
Dengan adanya penambahan sebanyak 20 desa sebagai calon penerima program internet gratis dari pemerintah daerah setempat sehingga jumlah desa yang menerima program internet tahun ini menjadi 51 desa.
 
Ia mengatakan, sampai sekarang sebanyak 70 desa dari 148 desa l di daerah ini yang mendapatkan program internet gratis dari pemerintah daerah setempat.
 
Diskominfo tahun 2024, kata dia, kembali mengusulkan semua desa yang belum mendapatkan program internet gratis dari pemerintah daerah setempat.
 
"Kita targetkan tahun 2024 semua desa di daerah ini mendapatkan program internet gratis dari pemerintah daerah setempat," ujarnya.
 
Sementara itu, ia mengatakan instansinya menjalin kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk membangun akses internet di desa yang tersebar di daerah ini.
 
"Kita kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk pemasangan wifi di desa yang mendapatkan program internet gratis dengan persyaratan desa dilewati oleh kabel optik perusahaan tersebut," ujarnya.
 
Selanjutnya, kata dia, pemerintah daerah setempat yang membayar biaya langganan wifi yang dipasang di desa kepada PT Telkom Indonesia.
 
Ia mengatakan mayoritas pembangunan dan pemasangan jaringan internet tersebut dipasang di kantor desa dan peralatan dipasang di fasilitas umum desa.
 
Dia menyarankan pemerintah desa menggunakan dana desa untuk membuat fasilitas, seperti pondok bagi masyarakat yang ingin mengakses internet di kantor desa.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023