Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menyebutkan Bengkulu pada Hari Raya Idul Adha 2023 ini memotong hewan kurban sebanyak 9.976 ekor.
"Kalau direkapitulasi kabupaten kota, ada 186 kerbau, sapi 6.044 ekor dan kambing 3.073 ekor. Jumlah semuanya 9.976 ekor hewan kurban di 10 kabupaten kota," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Muhammad Abdu di Bengkulu, Kamis.
 
Banyaknya hewan kurban yang dipotong pada Idul Adha kali ini menurut dia menunjukkan kesadaran dalam menunaikan ibadah kurban.
 
"Kalau ekonomi masyarakat kami tidak bisa mengukurnya, tapi kalau tidak ada rezeki tidak mungkin juga bisa berkurban, (dengan asumsi itu) sepertinya perekonomian warga membaik," kata dia.
 
 
Sebelumnya pada Rabu 28 Juni 2023, Gubernur Rohidin Mersyah melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 H di alun-alun kota Tais Kabupaten Seluma.
 
Rohidin mengajak masyarakat untuk menyambut Idul Adha dengan penuh rasa syukur, meningkatkan iman dan taqwa serta meneladani nilai-nilai yang diajarkan Nabi Ibrahim AS.
 
"Dengan nilai-nilai ketaqwaannya beliau mampu menjalani ujian dan mengatasi masalah dalam kehidupan sehingga dinobatkan Allah SWT sebagai manusia paling bertaqwa," kata dia.
 
Usai melaksanakan sholat Idul Adha dan bersilaturahmi bersama para jamaah, Gubernur Rohidin menyerahkan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo kepada pengurus masjid Baitussalam Kabupaten Seluma.
 
"Kondisi sapi sangat sehat. Sudah diperiksa oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu memastikan bahwa kondisinya memang sehat dan memenuhi syarat untuk dikurbankan," katanya.*

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023