Rejanglebong (Antara) - Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan potensi pertanian yang dimiliki daerah itu cukup menjanjikan, namun belum tergarap secara maksimal.

"Potensi pertanian yang dimiliki Rejanglebong ini cukup menjanjikan dan sudah diakui oleh beberapa daerah lainnya, baik di dalam maupun luar Provinsi Bengkulu," kata ketua Komisi II DPRD Rejanglebong, Wahono di Rejanglebong, Senin.

Hanya saja, katanya, potensi ini belum dimanfaatkan secara maksimal, sehingga nilai jual produk pertanian Rejanglebong hanya sebatas memeroduksi bahan mentah saja.

Potensi pertanian pada 15 kecamatan di daerah itu, katanya, seharusnya bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat, dengan penyediaan industri hilir dari hasil pertanian seperti pembangunan pabrik saos maupun cabai giling kemasan, mengingat daerah itu banyak petani yang menanam tomat maupun cabai merah keriting.

Pendirian pabrik pengolahan saos dan sambal cabai ini tentunya akan membantu petani dalam mengendalikan harga serta permainan yang akan dilakukan pedagang sehingga kerap merugikan petani.

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015