Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu mengajak kalangan aparatur pemerintahan di wilayah itu agar bijak dalam bermedia sosial untuk menjaga serta menciptakan keamanan (kamtibmas).

"Keberadaan media sosial saat ini memiliki hal positif, salah satunya sebagai alat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata  Komandan Kodim (Dandim) 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo dalam kegiatan komunikasi sosial dengan aparatur pemerintahan desa, kelurahan dan kecamatan di Makodim 0409/Rejang Lebong, Jumat.

Kita semua, katanya harus bijak dalam penggunaan media sosial jangan menyebarkan rumor yang tidak jelas, tidak sembarangan menerima pertemanan, berpikir dahulu sebelum mengirim sesuatu dan hendaknya verifikasi kembali berita sebelum dibagikan.

Dia menjelaskan penting untuk melakukan penyaringan informasi sebelum dibagikan (sharing) melalui media sosial agar masyarakat umum terutama aparatur pemerintahan tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat luas terhadap berita atau informasi yang belum jelas.

Untuk mengantisipasi terjadinya perpecahan dan gangguan kamtibmas akibat penggunaan media sosial, kata dia, pihaknya mengadakan kegiatan tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan kebersamaan, keselarasan dan membangun komunikasi dialogis serta memperkokoh sinergitas antara TNI dengan aparatur pemkab setempat.

"Dalam pemahaman tentang kemajuan teknologi informasi di bidang pemerintahan dan terbentuknya pemerintah yang adaptif di era transformasi digital, sehingga diharapkan akan terwujud kesamaan pandang dalam menyikapi berbagai permasalahan yang terjadi di wilayah Kabupaten Rejang Lebong," terangnya.

Pada kegiatan yang bertemakan Transformasi Digital Ciptakan Aparat Pemerintah Unggul ini dirinya menilai, transformasi digital merupakan sebuah proses dalam penggunaan teknologi untuk mentransformasi atau mengubah proses analog (tradisional) menjadi digital yang lebih efisien dan efektif.

"Dalam kehidupan sehari-hari kita sendiri sudah mengalami transformasi digital tersebut mulai dari penggunaan jam tangan pintar hingga asisten rumah tangga dengan kecerdasan buatan, manfaat transformasi digital meningkatkan mobilitas, membuat data lebih aman, mendorong produktivitas yang lebih baik dan meningkatkan daya saing di industri," demikian Renaldy.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023