Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mengintensifkan penebaran benih ikan di kawasan perairan umum, dan mengimbau masyarakat berpartisipasi menjaga ekosistem dan habitat pembenihan.

"Program 'restocking' atau penebaran benih ikan di perairan umum  akan dilaksanakan di 10 lokasi selama tahun 2015. Program ini merupakan lanjutan dari tahun-tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Rejanglebong, Amrul Eby di Rejanglebong, Rabu.

Penebaran benih ikan diperairan umum di daerah tersebut pada tahun ini, sudah berjalan di empat lokasi yaitu  di Desa Cawang Kecamatan Curup Timur, Sungai Desa tanjung Beringin dan di Danau Talang Kering Kecamatan Curup Utara, serta Sungai Musi di Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup.

Di empat lokasi itun, jumlah benih ikan yang ditebarkan mencapai 100 ribu ekor yang terdiri dari berbagai jenis seperti nila, emas, patin, graskap dan lele.

Untuk menjaga kelangsung benih ikan yang ditebarkan ini, dia mengimbau kalangan masyarakat di sekitar lokasi penebaran agar menjaganya dengan tidak melakukan penangkapan ikan sebelum cukup umur. Penangkapannya pun harus dengan peralatan yang tidak merusak lingkungan seperti racun maupun setrum.

Pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan kepolisian setempat guna memastikan kelangsungan habitat dan ekosistem perairan umum  seperti sungai dan danau terbebas dari praktik pencurian ikan, karena hasil dari perikanan itu akan dinikmati kalangan masyarakat yang bermukim di kawasan tersebut.

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015