Mukomuko (Antara) - Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan semua fasilitas objek wisata pantai di daerah itu dibangun pihak swasta.

"Semua fasilitas yang ada di objek wisata pantai di daerah ini di bangun oleh pihak swasta," kata Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Sapuan, di Mukomuko, Kamis.

Fasilitas di beberapa objek wisata yang dibangun oleh pihak swasta di daerah itu seperti Pantai Pandan Wangi dan Pantai Batu Badoro.

Fasilitas yang telah dibangun swasta di dua wisata pantai itu, yakni akses jalan masuk objek wisata, tempat beristiraha, hingga toilet dan air bersih.

Termasuk, lanjutnya, objek wisata pantai lainnya dan beberapa objek wisata pantai yang baru di buka di Kelurahan Koto Jaya dibangun oleh swasta.

Karena fasilitas tersebut dibangun swasta, katanya, sehingga retribusi atau biaya masuk ke lokasi objek wisata itu dipunggut sendiri oleh mereka.

Menurut dia, sebenarnya pihak swasta telah membantu pemerintah setempat dalam mengembangkan potensi objek wisata di daerah itu.

"Kalau pemerintah setempat belum ada anggaran untuk itu sehingga mereka sendiri berinisiatif bisnis untuk mengelola," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015