Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyiapkan lahan seluas 600 hektare untuk budidaya tanaman singkong pahit di daerah itu.

"Kita akan membudidayakan tanaman singkong pahit di Kecamatan Malin Deman. Lahan yang disiapkan untuk itu seluas 600 hektare," kata Kepala Badan Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Mukomuko Sukiman, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, lahan untuk budidaya singkong itu milik masyarakat di wilayah itu. Budidaya tanaman singkong ini untuk bahan baku pabrik pembuatan tepung yang akan dibangun di daerah itu.

Pembiayaan pembangunan pabrik pembuatan tepung dari bahan baku singkong pahit itu dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT).

Ia mengatakan, tidak hanya lahan itu, daerah itu juga menyiapkan lahan masyarakat seluas 21 hektare untuk perkebunan cadangan pabrik singkong tersebut.

"Pabrik juga disiapkan lahan cadangannya agar tetap beroperasi mengolah singkong ketika tanaman singkong masyarakat belum panen," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, disiapkan juga lahan seluas dua hektare untuk lokasi pembangunan pabrik tersebut.

Ia menerangkan, kalau sudah ada pabrik, tidak hanya masyarakat di Kecamayan Malin Deman yang diharapkan membudidayakan singkong termasuk masyarakat di kecamatan lain.

"Budidaya tanaman singkong nantinya diharapkan dapat menjadi pendapatan baru bagi masyarakat di daerah ini," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pabrik itu tidak hanya mengolah singkong jadi tepung tetapi ampas dari hasil pengolahan bisa digunakan untuk pakan ternak. Kulit singkong bisa untuk membuat kue.***1***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015