Bengkulu (Antara-IPKB) - Upaya meningkatkan pembangunan bidang kependudukan di desa terpencil, pemerintah Kabupaten Seluma Bengkulu pada 2015 akan menggelar pelayan KB dan Kesehatan bagi masyarakat kurang mampu atau miskin di 10 desa.

Bhaktisosial bagi warga kurang mampu di 10 desa terpencil itu dijadwalkan pelaksanaannya selama dua pekan, sejak awal hingga pertengah Maret 2015, kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu Maryana melalui Kepala Bidang KB-KR BKKBN Masrofah di kantornya pekan lalu.

Berdasarkan surat Kepala BPMPD,PP dan KB Kabupaten Seluma bulan Maret 2015, telah disusun rencana kegiatan pelayanan kesehatan dan KB graatis yang sasaran prioritas melayani masyarakat miskin di wilayah itu.

10 desa yang dijadwalkan tersebut antara lain Desa Ujung Padang, Sendawar, Maras Bantan, Napal Jungur, Desa Suka Bulan. Selain itu, terdapat juga Desa Kembang Seri, Pasar Talo, Girinanto, Riak Siabun II serta Desa Talang Perapat, jelas Masrofah.

Ia mengatakan, pelaksanaan program disejumlah daerah itu berjalan atas kerjasama lintas sektor, terutama dinas kesehatan baik kabupaten maupun provinsi.

Terhadap kegiatan yang akan dan berlangsung di Kabupaten Seluma itu telah di sepakati pemerintahan daerah setempat yakni Dinas Kesehatan dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPD,PP-KB) Kabupaten Seluma.

Masrofah menambahkan, penggarapan program KB dan kesehatan di wilayah demikian itu terdapat juga jadwal pelayanan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu bersama BKKBN di empat kabupaten dengan jumlah desa sebanyak delapan desa yang tergolong sangat terpencil. Yakni Kabupaten Seluma terdapat satu desa, Bengkulu Tengah tiga desa, Kabupaten Kaur terdapat dua desa dan Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak dua desa, akhiri Masrofah.(rs)

Pewarta: Oleh Idris

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015