Rejanglebong (Antara) - Kementerian Agama Kabupaten Rejanglebong,  Provinsi Bengkulu, memperkirakan besaran ongkos naik haji (ONH) 2015 mengalami kenaikan menyusul terjadinya pelemahan nilai tukar rupiah.

"Besaran ONH tahun ini belum diketahui karena belum ada penetapannya dari Kemenag pusat dan dikemungkinan baru akan diketahui pada bulan April, namun diperkirakan akan terjadi kenaikan karena pengaruh melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika belakangan ini," kata Kepala Kemenag Rejanglebong CH M Naseh di Rejanglebong, Senin.

Pengaruh melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika tersebut, kata dia, akan berdampak terhadap penyelenggaraan ibadah haji pada musim haji tahun ini, sehingga besaran ONH pada musim haji 2014 sebesar Rp35 juta diperkirakan pada tahun ini akan mencapai Rp40 juta.

Kendati belum ada penetapan ONH, namun perkiraannya itu akan terjadi pada ongkos pemberangkatan maupun akomodasi lainnya, namun untuk memastikan nominal pasti ONH tahun ini pihaknya masih akan menunggu penetapan dari pemerintah pusat.

Sementara itu, Musim Haji 2015, kuota haji yang diterima daerah itu tambah dia, berjumlah 184 orang atau sama dengan tahun sebelumnya.

Pewarta: Oleh Nur Nuhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015