Monaco (Antara/Reuters) - AS Monaco mendapat keberuntungan dan lolos dari pembantaian yang dilakukan Arsenal untuk mencapai perempat final Liga Champions berkat keunggulan gol tandang, setelah kalah 0-2 di kandang sendiri yang membuat skor agregat 3-3 pada Selasa (Rabu WIB).

Arsenal, yang berupaya untuk menjadi tim pertama yang mampu mengatasi defisit dua gol di kandang yang didapat pada pertandingan pertama di Liga Champions, membuka peluang lolos ke fase berikutnya setelah Olivier Giroud dan pemain pengganti Aaron Ramsey mencetak gol pada masing-masing babak.

Namun kemenangan 3-1 tim kerajaan itu di Emirates sudah cukup untuk membawa mereka melaju, setelah kiper Monaco Danijel Subasic secara spektakuler menggagalkan peluang Giroud lima menit sebelum pertandingan usai.

Tuan rumah melakukan pendekatan yang hati-hati saat mereka berupaya untuk melindungi keunggulan pada pertandingan pertama, namun gagal melepaskan satu pun tembakan akurat, dan beruntung untuk dapat melaju ke delapan besar.

Arsenal tampil beringas pada pertandingan kedua putaran 16 besar, namun Monaco masih mampu menahan gempuran-gempuran dari pasukan Arsene Wenger.

Tim London itu memiliki peluang bersih pertama, namun sundulan Giroud dari umpan silang Hector Bellerin masih melebar ke sudut atas.

Pemain Arsenal Laurent Koscielny nyaris mencetak gol pada menit ke-23 ketika sepakannya menghantam mistar gawang meski bek Prancis itu dinyatakan offside, walaupun bola itu menghampirinya dari sundulan pemain Monaco.

    
   Tembakan-tembakan Giroud
Arsenal meningkatkan tekanan dan mendapatkan imbalannya pada menit ke-36 ketika Subasic menghadang Giroud, namun bola jatuh ke jalur pergerakan sang penyerang Prancis yang melepaskan tembakan ke bagian atas gawang.

Gelombang kepanikan kemudian menghantam para pemain Monaco, dan penyerang Arsenal Danny Welbeck melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang diblok oleh bek Aymen Abdennour.

Welbeck dan Giroud kembali memiliki peluang yang digagalkan, ketika Monaco mengandalkan keberuntungan mereka untuk mencapai masa turun minum dengan hanya kemasukan satu gol.

Subasic kembali harus bekerja pada menit ketujuh babak kedua, saat ia menepis tendangan bebas Mesut Ozil.

Monaco tiba-tiba melancarkan sejumlah serangan pada menit ke-60, namun pertahanan Arsenal, yang dikomandoi Koscielny, mampu menahannya.

Wenger memasukkan gelandang serang Ramsey untuk menggantikan Francis Coquelin pada menit ke-62, tidak lama sebelum pelatih Monaco Leonardo Jardim melakukan pendekatan serupa dengan mengganti penyerang Dimitar Berbatov dengan gelandang Bernardo Silva.

Theo Walcott kemudian dimasukkan untuk menggantikan Welbeck ketika Arsenal berupaya mencetak gol kedua, yang tercipta pada menit ke-79 ketika Ramsey melepaskan tembakan mendatar melewati Subasic setelah upaya Walcott mengenai tiang gawang.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015