Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengusulkan penerimaan sebanyak 5.000 calon pegawai negeri sipil daerah itu ke Badan Kepegawaian Negara.

"Kita masih butuh 5.000 orang pegawai negeri sipil (PNS). Jumlah kebutuhan itu yang diusulkan setiap tahun ke Badan Kepegawaian Negara (BKN)," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko Syafkani di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, sedangkan PNS yang dibutuhkan itu untuk semua formasi, yakni tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Ia menjelaskan, jumlah kebutuhan PNS tersebut dihitung berdasarkan usulan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD), sekolah, puskesmas, dan rumah sakit umum daerah (RSUD).

Selain itu, katanya, kebutuhan PNS itu juga dihitung berdasarkan analisis jabatan setiap tahun oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah setempat.

Ia mengatakan, tahun ini sebanyak 50 orang PNS yang memasuki masa pensiun sehingga jumlah PNS di daerah itu menjadi berkurang.

Dikatakannya, meskipun setiap tahun daerah itu menerima penambahan dari seleksi CPNS namun kekurangan PNS di daerah itu belum bisa terpenuhi.

Tahun ini, katanya, pihaknya juga telah mengusulkan penambahan sebanyak ribuan PNS itu melalui jalur penerimaan CPNS.

"Jumlah usulannya yang lebih tahun badan kepegawaian. Tetapi kita sudah mengusulkan," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015