Kepolisian Resor Mukomuko, Bengkulu, menetapkan Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko sebagai wakil daerah ini mengikuti lomba Kampung Bebas Narkoba tingkat provinsi.

"Kami pilih Desa Ujung Padang sebagai perwakilan lomba Kampung Bebas Narkoba tingkat provinsi karena kepedulian pemerintah desa dan masyarakat dalam memberantas narkoba di wilayahnya cukup bagus dibanding dengan desa lain," kata Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Nuswanto di Mukomuko, Senin.

Baca juga: Polres Mukomuko periksa saksi kebakaran karaoke "Max One"

AKBP Nuswanto mengatakan hal itu menindaklanjuti permintaan dari Kepolisian Daerah Bengkulu agar setiap kepolisian resor yang tersebar di kabupaten dan kota mengirimkan satu desa sebagai perwakilan lomba Kampung Bebas Narkoba.

Kapolres menyebut ada beberapa desa yang tersebar di daerah ini yang terpantau memiliki kepedulian yang tinggi dalam memberantas narkoba di wilayahnya.

Namun, dari sekian banyak desa di daerah tersebut, menurut dia, yang paling bagus kepeduliannya dalam memberantas narkoba di wilayahnya adalah Desa Ujung Padang.

Setelah itu, kata AKBP Nuswanto, institusinya akan melihat lagi hasil dari Desa Ujung Padang ini kira-kira dengan pola dan upaya preemtif, preventif, dan refresif secara secara berkesinambungan efeknya seperti apa.

Baca juga: Mukomuko mulai bangun jembatan putus akibat banjir

"Kalau cukup bagus, kami lakukan hal yang sama di tempat atau desa lain di daerah ini yang memiliki potensi kerawanan narkoba cukup tinggi," katanya pula.

Kepolisian Resor Mukomuko sebelumnya melakukan kegiatan gotong royong di sejumlah tempat dan pos pelayanan terpadu di Desa Ujung Padang.

Kegiatan gotong royong di Kampung Bebas Narkoba ini, kata dia, merupakan salah satu bentuk pembinaan kepolisian resor setempat pada wilayah tersebut.

Dalam Program Kampung Bebas Narkoba ini, kata Kapolres, personelnya bersama kepala desa dan perangkat melakukan gotong royong membersihkan lingkungan.

Selanjutnya, pihaknya setiap hari Jumat rutin melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan di daerah ini, terutama di Kampung Bebas Narkoba.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023