Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu menyebutkan peserta Kirab Pemilu 2024 Jalur I Sumatera dari Provinsi Aceh akan melintasi lima kabupaten/kota di provinsi ini.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Rusman Sudarsono pada acara penyambutan Kirab Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi kepada KPU Rejang Lebong bertempat di rumah dinas Bupati Rejang Lebong, Rabu sore, mengatakan bahwa kirab tersebut merupakan salah satu cara KPU dalam menyosialisasikan Pemilu 2024.

Setelah diterima oleh KPU Rejang Lebong dari KPU Sarolangun Jambi, kata dia, akan melanjutkan perjalanannya ke Kota Bengkulu dan tiga daerah lainnya di Provinsi Bengkulu sebelum diserahkan ke KPU Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, awal September 2023.

Kirab Pemilu 2024 ini selama 30 hari di wilayah Provinsi Bengkulu akan melakukan sosialisasi Pemilu 2024 di lima kabupaten/kota yang dilintasinya. Cara ini merupakan salah satu cara KPU menyosialisasikan pemilu serentak tahun depan di wilayah masing-masing.

Rusman Sudarsono mengemukakan bahwa sosialisasi melalui Kirab Pemilu ini di antaranya terkait dengan jumlah parpol peserta Pemilu 2024 dan bagaimana cara masyarakat menggunakan hak pilihnya tanpa ada intimidasi politik, kemudian memilih dengan hati nurani serta objektif dalam memilih calon pemimpin.

Ia mengharapkan daerah-daerah yang akan dilintasi Kirab Pemilu di Provinsi Bengkulu ini nantinya bisa memanfaatkannya semaksimal sehingga akan meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Rejang Lebong Ujang Maman menyatakan siap melaksanakan pemilu serentak pada tahun 2024.

Ujang Maman meminta dukungan dari pemerintah daerah setempat serta pihak-pihak lainnya agar bisa berjalan sukses.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi mengharapkan Kirab Pemilu selama sepekan di Kabupaten Rejang Lebong itu bisa memberikan pengetahuan politik kepada masyarakat setempat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023