Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan segera memperbaiki jalan menuju Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba di daerah itu yang mengalami kerusakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rejang Lebong Rector Vande Armada di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan pihaknya pada tahun 2023 ini menerima anggaran yang bersumber dari APBD Rejang Lebong sebesar Rp101 miliar terbagi untuk bidang bina marga berkisar Rp70 miliar dan sisanya untuk bidang cipta karya, irigasi dan pemukiman.

Baca juga: Satpol-PP Rejang Lebong larang pemasangan APK di jalur hijau

"Anggaran untuk perbaikan jalan di tempat wisata Bukit Kaba ini tergabung dengan lokasi di Desa Wisata Air Putih Kali Bandung dan pemandangan kebun, nilai paket mencapai Rp2 miliar," kata dia.

Dia menjelaskan, kegiatan perbaikan jalan di tempat wisata tersebut tidak bisa dilakukan secara menyeluruh karena terbatasnya anggaran yang dimiliki pemda setempat.

Menurut dia, saat ini paket perbaikan jalan wisata ini sudah ditenderkan dan telah ada pemenangnya sehingga dalam waktu dekat bisa dilakukan titik nol pekerjaannya.

Baca juga: Sekolah Lansia Tangguh Rejang Lebong jadi percontohan di Bengkulu

"Targetnya jalan ini bisa dilalui kendaraan roda empat. Untuk Bukit Kaba akan ada tiga titik yang diperbaiki terutama di bagian tebing dan titik lainnya. Karena anggarannya terbatas sehingga akan dimanfaatkan sebaik mungkin. Kami harapkan tahun 2024 nanti perbaikannya bisa dilanjutkan," terangnya.

Ia mengatakan, perbaikan jalan menuju lokasi wisata itu  guna memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang akan datang ke lokasi wisata, sehingga nantinya bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong M Budianto mengatakan, pihaknya pada tahun 2022 lalu telah mengusulkan perbaikan jalan menuju obyek wisata yang ada di daerah itu diantaranya jalan di TWA Bukit Kaba, kemudian jalan menuju obyek wisata Air Terjun Belitar Seberang, jalan menuju Air Terjun Batu Betiang, jalan menuju lokasi wisata Bukit Basah dan lainnya.

Dia berharap dengan adanya perbaikan maupun pembangunan jalan menuju lokasi wisata ini nantinya akan meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023