Bengkulu (Antara) - Sejumlah objek wisata di Kota Bengkulu antara lain Pantai Panjang, Pantai Kualo, Benteng Marlborough dan Rumah Bung Karno dipadati pengunjung pada liburan rangkaian Hari Raya Paskah.

"Pantai Kualo menjadi pilihan keluarga kami karena di pantai ini bisa berenang dan bermain wahana air," kata Yohana, salah seorang pengunjung Pantai Kualo di Kota Bengkulu, Sabtu.

Ia mengatakan kawasan pantai lainnya di pesisir Bengkulu, termasuk objek wisata Pantai Panjang tidak diperbolehkan untuk berenang sebab arus dan ombak berbahaya untuk keselamatan pengunjung.

Objek wisata Pantai Panjang menurut Yohana hanya menarik dijadikan lokasi bersantai sambil mengabadikan dengan kamera sebab di wilayah itu sudah terpajang tulisan "Pantai Panjang" yang merupakan salah satu ikon wisata di Provinsi Bengkulu.

Selain Pantai Kualo dan Pantai Panjang, objek wisata sejarah salah satunya Benteng Marlborough yang merupakan benteng peninggalan kolonial Inggris juga dipadati pengunjung.

Koordinator Juru Pelihara Benda Cagar Budaya Provinsi Bengkulu, Sugrahanudin mengatakan Benteng Marlborough dan Rumah Bung Karno di Kelurahan Anggut menjadi objek wisata sejarah andalan di daerah itu.

"Dari beberapa benda cagar budaya yang ada di Bengkulu, Rumah Bung Karno dan Benteng Marlborough yang paling digemari pengunjung," kata dia.

Kunjungan ke Benteng Marlborough tambahnya dapat mencapai 200 orang per hari dan bisa mencapai 400 orang saat hari libur.

Ia mengatakan selain Benteng Marlborough dan Rumah Bung Karno sejumlah benda cagar budaya yang dilindungi pemerintah yang terdapat di Kota Bengkulu yakni Makam Inggris, Tugu Thomas Par dan Makam Sentot Alibasya.***1***

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015