Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan sekitar 22.000 hewan ternak di wilayah setempat mendapatkan jatah vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Kita telah mendapat jatah vaksin PMK dari pemerintah provinsi dengan target sebanyak 22.000 ekor hewan ternak," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Nurwahyuni di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini sekitar 10.608 ekor hewan ternak di daerah ini telah menjalani vaksinasi PMK sejak bulan Januari hingga Juni 2023.

Baca juga: Kabupaten Mukomuko telah capai swasembada beras

Pemerintah Kabupaten Mukomuko menargetkan pemberian vaksin PMK pada sebanyak 22.000 ekor hewan ternak sesuai dengan jumlah vaksin yang diterima daerah ini sebanyak 22.000 dosis dari pemerintah provinsi.

Terkait data sebanyak 10.608 ekor hewan ternak yang telah menerima vaksin PMK, Ia mengatakan, instansinya menerimanya tiga pusat kesehatan hewan (Puskeswan) yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.

Ia menyebutkan, tiga puskeswan yang melakukan kegiatan vaksinasi PMK pada hewan ternak tersebut tersebar di wilayah Lubuk Gedang Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Penarik, dan Puskeswan Ipuh.

Ia mengatakan, berdasarkan data dari tiga puskeswan, sekitar 10.608 ekor hewan ternak yang telah menerima vaksin PMK tersebut tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.

Baca juga: Pemkab Mukomuko keruk lumpur di jaringan irigasi

Dari sekitar 10.608 ekor hewan ternak yang telah menerima vaksin PMK, sebanyak 2.857 ekor di Puskeswan Lubuk Gedang, sebanyak 2.206 ekor Puskeswan Penarik, dan 5.545 ekor di Puskeswan Ipuh.

"Sebenarnya masih ada hewan ternak yang telah menerima vaksin PMK tetapi belum sempat dilaporkan oleh petugas puskeswan, yakni sekitar 3.000 ekor," ujarnya.

Selanjutnya, katanya, petugas puskeswan yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini masih memberikan pelayanan vaksinasi PMK kepada hewan ternak yang tersebar di daerah ini.

Pemerintah daerah setempat melalui petugas peternakan dan kesehatan hewan di tiga puskeswan memberikan vaksin PMK pada hewan ternak dengan cara mendatangi para peternak di wilayah kerjanya.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023