Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membangun jalan rusak sepanjang tiga kilometer di Desa Talang Buai yang menjadi penyangga Taman Nasional Kerinci Sebelat di daerah itu.

"Tahun ini jalan Desa Talang Buai dibangun menggunakan dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp2,5 miliar," kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko, Ruri Kurniawan di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, saat ini kegiatan pembangunan jalan rusak tersebut masih dalam proses perencanaan. Dan paling lambat lelang kegiatan pembangunan jalan itu akhir Mei 2015.

Sedangkan, lanjutnya, jenis atau spesifikasi jalan yang akan dibangun di desa itu adalah lapen berupa pengaspalan jalan yang masih batu bercampur dengan tanah tersebut.

"Jenis jalan yang dibangun di desa itu sama dengan jalan yang telah dibangun sekitar 100 meter setelah jembatan menuju desa tersebut," ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, panjang jalan yang dibangun itu sesuai dengan hasil survey sekitar 2,5 hingga tiga kilometer.  

Ketua Karang Taruna Desa Talang Buai, Zik Putra mengatakan, desa itu butuh pembangunan jalan itu selain memperlancar transportasi membawa hasil pertanian, agar mudah menjangkau sarana kesehatan yang jauh dari wilayah itu.

Ia mengatakan, bisa dibayangkan kondisi orang yang sedang sakit harus melewati jalan rusak ini menuju ke sarana kesehatan.

"Orang sehat saja bisa sakit apalagi yang sakit," ujarnya. ***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015