Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membeli puluhan ribu bibit pohon untuk penghijauan lingkungan sekolah di daerah itu.   

Pembelian bibit pohon itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp520 juta," kata Kabid Kehutanan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko Fernandi, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini kegiatan pengadaan bibit pohon jenis buah-buahan dan hortikulktura dalam tahapan perencanaan.

Bibit pohon tersebut, katanya, akan dibagikan secara merata per sekolah mulai dari jenjang SD hingga SMA yang tersebar di daerah itu.  

Pembagian bibit tanaman itu, kata dia, akan dimulai dari jenjang SMA sederajat yang jumlah sekolahnya tidak banyak di daerah itu. Agar bibit tanaman yang diterima sekolah itu lebih banyak.

Setelah itu, lanjutnya, sisa bibit tanaman tersebut dibagikan secara merata ke SMP. Dan terakhir dibagikan ke SD.

"Percuma kalau bibit tanaman yang dibagikan hanya dua batang per sekolah. Lebih baik dibagikan lebih banyak ke beberapa sekolah. Bagi sekolah yang belum dapat diprogramkan tahun depan," ujarnya.

Ia menerangkan, kegiatan pengadaan bibit untuk penghijauan lingkungan sekolah di daerah itu baru tahun ini dilaksanakan.  

Kegiatan pengadaan bibit tanaman ini, katanya, berawal dari banyaknya usulan dari sekolah yang meminta bibit tanaman buah-buahan dan hortikultura ke dinas ini.***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015